Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik dasar light painting photography

Jika sobat pernah melihat sebuah foto dengan objek seperti lukisan cahaya atau foto jalan raya dengan kilatan cahaya, itu di namakan dengan teknik light painting photography, teknik ini sangat sering dilakukan untuk jenis foto street photographi.

Secara sederhana Teknik light painting adalah melukis cahaya yang nantinya akan di bekukan oleh kamera.

baca juga teknik high key

dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran sederhana tentang Teknik dasar light painting photography

berikut adalah

Teknik dasar light painting photography

Cara menggunakan Teknik memotret light painting ini bisa kapan saja dan dimana saja asalkan memiliki kondisi lokasi yang gelap, karena untuk memotret dan merekam cahaya agar lebih jelas haruslah di lokasi yang gelap, untuk itu sobat dapat melakukannya di malam hari atau di dalam ruangan yang tertutup.

baca juga teknik memotret dengan hp

Teknik foto light painting sangat mudah dilakukan tetapi tentunya dengan latihan yang rutin akan membuat teknik semakin indah dilihat

baca juga angle foto

Untuk peralatan yang digunkan dalam Teknik light painting DLSR sangatlah sederhana, yaitu kamera, lensa, tripod, dan lampu, lampu ini bisa apa saja yang paling penting bisa bercahaya dan bisa di pegang dan dimainkan oleh tangan. Sobat dapat menggunakan lampu senter yang di ikat dengan tali.

baca juga teknik low key

Settingan kamera untuk teknik light painting adalah dengan shutter speed paling rendah, sobat dapat menggunakan shutter speed 30 s, ini akan memberikan waktu untuk sobat membuat pola lukisan dari cahaya, dengan waktu itu juga kamera akan merekam semua guratan cahaya sehingga hasil yang nantinya di dapat akan membentuk seperti lukisan cahaya di udara. Sobat juga dapat memanfaatkan cahaya dari kendaraan yang melaju di jalan raya. alat selanjutnya yang harus sobat persiapkan adalah tripod atau dudukan kamera, jika tidak memiliki tripod sobat dapat memanfaaatkan benda apa saja, seperti bangku, kursi, meja, atau tembok pagar jika perlu, karena yang paling penting adalah dapat menyangga kamera dari getaran.

baca juga komposisi dasar fotografi

Settingan kamera untuk light painting sobat pilih mode manual kamera, hal ini agar sobat dapat dengan leluasa menyesuaikan bukaan lensa dan isonya, untuk bukaan lensa jika ingin mendapatkan detail lebih tajam dan agar tidak overexposed karena menggunakan shutter speed rendah, sobat dapat menggunakan bukaan lensa atau aperture di angka tinggi, dan iso otomatis.

baca juga rumus exposure

Cara memotret dengan teknik light painting adalah. Letakan kamera dengan dudukannya bisa itu tripod atau jika tidak memiliki tripod sobat dapat menggunakan benda lainnya, siapkan sebuah lampu senter kemudian ikat dengan tali lalu putar putar sampai menyerupai pola di udara, putar putar terus sampai kira kira 30 detik sesuai dengan waktu shutter speed kamera.

baca juga teknik portrait

Jika sobat memotret lampu kendaraan yang melaju di jalan, caranya pun sama seperti cara diatas. Memotret lampu kendaraan yang melaju di jalan raya mungkin lebih sederhana cara nya karena sumber cahaya yang akan di foto atau di rekam cahayanya sudah ada, sobat hanya memerlukan sebuah kamera dan tripod untuk menyangga kamera dari getaran, sama seperti diatas jika sobat tidak memiliki tripod sobat dapat menggunakan benda lainnya asalkan dapat menopang kamera dan menghindarkan dari getaran.


baca juga teknik panning

Itulah Cara atau teknik fotografi light painting yang dapat sobat coba lakukan saat street photography, dengan Teknik dasar light painting photography semoga dapat menambah ilmu baru bagi sobat, untuk Settingan foto light painting sobat dapat sesuaikan dengan kondisi dilapangan karena setiap kondisi pastinya memiliki pencahayaan yang berbeda itulah mengapa untuk setingan kamera lebih baik menggunakan mode manual agar sobat lebih leluasa mengatur dan menyesuaikan settinganya.

baca juga teknik strobist

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih