Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Strobist yang Mudah dilakukan

bagi sobat yang memulai fotografi dan sudah lumayan lama menggelutinya mungkin sobat merasa hasil fotonya itu itu saja tanpa adanya variasi baru, nah jika sobat mengulik lebih jauh lagi tentang teknik fotografi sebetulnya ada banyak teknik yang bisa sobat lakukan agar hasil dari foto foto sobat terlihat lebih menarik lagi. Salah satunya adalah teknik strobist.

apa itu teknik strobist. ?

secara sederhana teknik strobist adalah teknik memotret dengan menggunakan flash ekstrenal yang terpisah dari body kamera. teknik strobist biasa di lakukan untuk mendapatkan hasil jeptretan lebih dinamis dengan efek cahaya yang lebih menarik. Teknik strobist ini bisa sobat lakukan dengan cara meletakan flash eksternal di samping, belakang atau depan dengan menggunakan stand lighting atau tripod yang di sambungkan dengan trigger yang terpasang di kamera.

baca juga kamera full frame dengan harga murah

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang teknik dasar strobist yang bisa sobat coba terapkan untuk memotret objek agar terlihat lebih menarik

Berikut adalah

Teknik Dasar Strobist yang Mudah dilakukan

Teknik Strobist Outdoor

untuk teknik strobist outdoor selain menggunakan flash eksternal, sobat juga bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai cahaya tambahan. Sobat dapat mengarahkan model untuk membelakangi matahari atau menghadap matahari dan meletakan flash di arah samping model, dengan komposisi seperti ini sobat akan mendapatkan backlight dari cahaya matahari dengan efek hairlight dan untuk wajah model akan tetap terlihat jelas dengan menggunakan flash yang berada di arah depat atau samping model.

Teknik Foto Strobist Indoor

untuk teknik strobist indoor sobat hanya mengandalkan cahaya dari flash saja, namun ke untungannya sobat bisa mengatur kekuatan cahaya sesuai yang di inginkan tanpa di pengaruhi oleh cahaya alami matahari yang kadang selalu berubah ubah di setiap waktunya. Sama halnya seperti teknik strobist outdoor, teknik strobist indoor juga di lakukan dengan cara memasang flash di berbagai tempat dan meletakan objek atau model dengan komposisi seperti tadi yaitu objek di tengah dengan flash di belakang atau di samping objek.

Teknik Strobist Wedding

sama halnya dengan teknik strobist yang lainnya teknik strobist wedding juga mengandalkan tataletak flash untuk menghasilkan foto yang lebih hidup dan hangat. Untuk jenis foto wedding sendiri ada beberapa hal yang harus di perhatikan karena foto wedding merupakan salah satu foto penting dalam perjalan hidup seseorang. Maka dalam pemotretan wedding di perlukan teknik dan pengalaman memotret yang luas, selain harus jeli menangkap moment, fotografer juga harus membuat sang penganting mendapatkan hasil foto terbaik dengan eksperi yang bahagia. Karena moment bahagia maka untuk foto wedding di usahakan harus dibuat kesan hangat, hidup dan bahagia.

teknik dasar strobist ini bisa di kalukan dengan menggunakan satu, dua atau tiga flash sekaligus tergantung kebutuhan pemotretan, bukan berarti menggunakan satu flash saja hasilnya tidak bagus. Ada bebera jenis foto yang justru akan lebih bagus dengan menggunakan satu flash saja. 

Untuk lebih jelasnya bagaimana teknik strobist fotografi, sobat dapat melihat tutorial teknik strobist di youtube, banyak fotografer yang membuat konten tentang teknik pengambilan strobist

alat yang harus ada dalam teknik strobist adalah

1. Flash eksternal

Flash eksternal menjadi kunci untuk teknik strobist maka jika sobat ingin melakukan teknik strobist, sobat harus memiliki minimal satu buah flash eksternal

baca juga tips membeli flash eksternal second

2. Tripod / stand lighting

Tripod di gunakan untuk meletakan flash di tempat yang sudah di tentukan jika tidak menggunakan tripod atau stand lighting sobat adapat menggunakan bantuan dari rekan sobat untuk memegang flash dan di arahkan ke posisi yang di inginkan.

baca juga perlengkapan fotografi bagi pemula

3. Trigger

Trigger berfungsi untuk menghubungkan informasi dari kamera yang nantinya akan di tangkap oleh flash, karena flash di letakan bukan di atas kamera secara langsung maka penggunaan trigger sangat penting untuk menghubungkan antara kamera dan flash

baca juga fungsi dial kamera

4. Kamera

Tentunya jika sobat ingin melakukan pemotretan maka sobat harus memiliki sebuah kamera yang berfungsi dengan baik dan dapat terhubung dengan flash.

baca juga tips membeli kamera second

Nah itulah alat alat yang harus di persiapkan. mudah bukan. ?

Itulah teknik dasar strobist yang mudah dilakukan oleh sobat  dengan biaya terjangkau sobat sudah dapat membuat foo dengan efek yang menakjubkan

Selamat mencoba

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih