Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Artifial light dan Availabel light dalam Fotografi

Fotografi adalah seni melukis cahaya  maka sudah barang tentu bahwa cahaya merupakan komponen utama untuk terbentuknya sebuah foto, cahaya ini lah yang nantinya akan direkam dan di tampilkan oleh kamera menjadi sebuah foto, tentunya jika tidak ada cahaya maka tidak mungkin sebuah foto tercipta. Cahaya dalam fotografi juga terbagi menjadi dua yaitu artifial light dan availabel light.

Apa itu  artifial light dan availabel light, dan apa perbedaan keduanya.?

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang Perbedaan artifial light dan availabel light dalam fotografi

Berikut adalah

Perbedaan artifial light dan availabel light dalam fotografi


1. Artifial light

Artifial light adalah cahaya buatan yang dibuat untuk menerangi objek yang akan di foto, cahaya ini bisa dari flash, lighting, ataupun dari cahaya lampu. Artifial light biasa digunakan untuk jenis pemotretan didalam ruangan, seperti studio foto dan lain nya tak arang juga Artifial light digunakan di luar ruangan untuk teknik fotografi tertentu seperti teknik strobist dan lain sebagainya.  

baca juga teknik dasar light painting

Artifial light juga sangat menguntungkan saat digunakan untuk pemotretan karena sifat cahaya nya yang dapat di atur di bagian mana saja yang ingin di berikan cahaya, terlebih jika sobat memang seorang fotografer yang berfokus pada jenis foto portrait maka sudah barang wajib sobat harus mengetahui dan menguasai Artifial light ini. 

baca juga teknik dasar strobist

Artifial light juga sering di gunakan untuk teknik strobist, low key, high key dan jenis pencahayaan lainnya. Dengan Artifial light sobat dapat menciptakan beragam kesan yang di tampilkan dari sebuah foto, seperti untuk foto produk Artifial light sangat berperan penting dalam memotret produk yang nantinya akan dijual, ketika sobat membuka marketpalce pastinya hal yang pertama dilihat dari produk adalah gambarnya, gambar yang baik akan menambah rasa percaya konsumen untuk membelinya, karena dengan pencahayaan yang baik sebuah produk dapat memberikan kesan mewah dan bersih hal ini juga yang nantinya akan di perhitungkan oleh konsumen saat akan membeli produknya.

baca juga teknik angle foto

Artifial light juga sangat berguna untuk memotret di lokasi yang minim cahaya seperti di dalam ruangan. Artifial light juga tidak selalu digunakan di malam hari saja, di siang hari pun Artifial light untuk memotret sangat di butuhkan, seperti dalam keadaan cuaca yang mendung atau memotret di waktu sore yang minim cahaya, walaupun mata kita mampu menyesuaikan cahaya ruangan tapi sebuah lensa dan kamera belum mampu melakukan hal itu. Untuk itu Artifial light sangat berguna untuk fotografi, sobat harus memiliki minimal satu buah flash eksternal untuk menunjang kegiatan memotret.


2. availabel light

availabel light biasa juga di sebut sebagai cahaya alami, cahaya ini biasanya di dapat dari cahaya matahari, keunggulan dari cahaya ini tentunya yang bersifat alami maka sobat tidak perlu repot – repot membawa atau bahkan membelinya karena semuanya sudah tuhan sediakan secara alami dan gratis, cahaya ini sangat baik jika pemotretan di lakukan di pagi hari sekitar jam 7 sampai 10 pagi itu masih aman atau sore hari sekitar jam 4 sampai jam 6 sore. Untuk memberikan kesan alami pada sebuah foto penggunaan availabel light sangat bagus di gunakan, namun ada beberapa kelemahan dari availabel light ini yaitu cahaya nya yang sulit dan bahkan tidak bisa kita atur kekuatannya, dan kerkadang untuk mendapat hasil yang berbeda kita harus rajin rajin berpindah dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Namun itu juga bisa kita anggap sebagai keseruan tersendiri saat memotret karena bagaimna pun terkadang kita bosan memotret di tempat itu itu saja.

baca juga teknik dasar memotret dengan hp 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan availabel light yaitu kita harus tau betul karakteristik cahaya yang di hasilkan, sebagai contoh ketika sobat ingin mendapatkan hasil foto seperti teknik strobits misalnya, sobat dapat menempatkan subjek foto atau model di lokasi yang tersinari cahaya matahari secara terarah di bagian tertentu. Selain akan memberikan kesan alami dan dramatis tentunya dengan availabel light ini juga tidak perlu menggunakan flash ataupun lighting.



Nah itulah Perbedaan artifial light dan availabel light dalam fotografi, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing, jika sobat memiliki flash eksternal sobat dapat menggabungkan kedua teknik pencahayaan tersebut. Sebagai contoh saat memotret sunset dan sobat ingin tetap memperlihatkan subjek foto dengan jelas dan terang maka penggunaan flash atau lighting dengan di gabungkan dari cahaya sunset akan menambah keindahan sebuah foto.

baca juga teknik dasar foto portrait

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih