Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dasar Teknik Panning

jika sobat pernah melihat foto moto GP yang sedang menyalip motor lain di sirkuit atau foto pemain bola yang sedang menggocek bola dan berlari di lapangan rasanya seperti benar benar hidup dan kita ikut merasakan betapa cepatnya moto GP melaju di sirkuit dan pemain bola yang berlari di lapangan,  teknik fotografi itu bernama teknik panning

apa itu teknik panning.?

pengertian teknik panning. Secara sederhana teknik panning adalah salah satu teknik fotografi yang di lakukan dengan cara memotret dan membekukan objek yang bergerak dengan titik fokus pada objek dan efek blur pada background nya. teknik panning fotografi biasa di pakai untuk jenis foto sport, balapan mobil atau motor sehingga di dapatkan hasil foto yang dramatis dan terkesan hidup.

baca juga teknik high key lighting

tujuan pengambilan gambar dengan teknik panning tak lain untuk memberi kesan hidup pada foto yang bergerak

teknik panning sebenarnya mudah di lakukan namun terkadang harus di lakukan beberapa kali untuk mendapat hasil foto yang di rasa pas.

baca juga teknik dasar low key

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran sederhana tentang teknik dasar foto panning yang bisa sobat lakukan.

Berikut adalah 

Belajar Dasar Teknik Panning

untuk memotret dengan teknik panning sangatlah mudah dengan peralatan fotografi dasar yang sederhana sobat sudah dapat menciptakan sebuah foto dengan efek blur khas tektik panning

alat alat yang harus di siapkan untuk foto panning dengan kamera DLSR atau mirrorless

1. Kamera lengkap dengan lensanya

Jika sobat memotret dengan kamera DLSR atau Mirrorless, sobat dapat menggunakan lensa KIT 18 – 55 mm, lensa standar yang biasa sudah ada di kamera saat sobat membelinya, lensa ini bisa dimanfaatkan oleh sobat untuk jenis foto panning, lensa ini juga sudah cukup sebenarnya untuk ukuran zoom yang lumayan, jika sobat hanya memotret dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari objek foto. Namun jika sobat ingin memotret kegiatan olahraga yang mengharuskan mengambil foto dari jarak yang cukup jauh, sobat dapat menggunakan jenis lensa tele zoom, banyak pilihan lensa yang bisa sobat beli di pasaran dengan harga dan kualitas yang beragam tergantung kebutuhan yang sobat perlukan, yang tentunya untuk lensa dengan kualitas yang bagus pasti memiliki harga yang cukup tinggi. Sobat dapat menggunakan lensa tele zoom dengan ukuran maksimal mulai dari 300 mm.

baca juga teknik dasar strobist fotografi

2. Tripod kamera

Tripod diperlukan untuk meredam getaran yang mungkin terjadi saat memotret, karena memotret dengan teknik panning memerlukan shuter speed yang rendah hal ini akan sangat beresiko jika kamera di pegang langsung dengan tangan. Namun jika sobat hanya memotret kendaraan di jalan raya yang tidak terlalu jauh jaraknya. Misalnya memotret motor yang sedang melaju di jalan raya dengan menggunakan lensa KIT, sobat dapat memotretnya langsung tanpa menggunakan tripod kamera, karena lensa KIT yang tergolong lensa ringan, pastinya sobat tidak akan kesulitan untuk meredam getaran kameranya. Namun jika sobat menggunakan lensa tele zoom dengan ukuran yang cukup panjang tentunya akan sangat menyulitkan jika harus di pengan dengan menggunakan tangan saja, sobat memerlukan bantuan dari tripod untuk menyangga kamera dengan lensanya yang pastinya akan lebih berat.

baca juga rumus dasar exposure

Settingan kamera untuk teknik panning

untuk melakukan pengambilan gambar teknik panning maka setting kamera pada mode M manual kemudian atur Shutter speed di angka 1/20 dengan bukaan lensa di angka F 16 dan ISO 100 – 200 atau auto, sebetulnya settingan ini bisa terus berubah tergantung kondisi di lapangan, perlu di ingat jika sobat mengunakan Shutter speed dengan angka rendah atau shutter lambat misalnya di angka 1/20 maka gunakan bukaan lensa sempit atau di angka f yang tinggi hal ini untuk mencegah foto terlihat terlalu terang atau overexposed, atur auto fokus kamera ke mode AF-C untuk memberikan keleluasaan kamera mengikuti objek yang bergerak. 

baca juga mode AF Area

cara memotret dengan teknik panning

arahkan kamera ke objek yang akan di foto, usahakan objek harus bergerak setelah objek berhasil di kunci maka tekanlah shutter di kamera untuk menangkap gambar ikuti terus objek sampai foto berhasil tersimpan, kemudian lihat hasilnya jika masih kurang puas lakukan terus sampai benar benar terasa pas. Di sinilah seninya fotografi kita bisa seharian memotret untuk mendapatkan foto yang pas dengan hati kita.


baca juga komposisi dasar fotografi

Nah itulah teknik panning fotografi yang bisa sobat lakukan, dengan belajar dasar teknik panning semoga dapat memberi ilmu baru dan bisa membah portofolio sobat.

Semoga postingan ini bermanfaat 

Terima kasih