Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Foto Low Key yang mudah dilakukan

berbicara fotografi memang tidak ada habisnya, banyak sekali teknik dan komposisi fotografi yang bisa sobat ulik untuk mendapatkan hasil foto yang keren maksimal, salah satu teknik fotografi yang bisa sobat coba adalah teknik low key lighting. apa itu teknik low key lighting. ?

secara sederhana teknik low key photography adalah teknik fotografi dengan memanfaatkan cahaya yang sedikit sehingga menghasilkan foto dengan background keseluruhannya terlihat gelap.

baca juga

teknik low key merupakan salah satu teknik fotografi yang sering digunakan, teknik ini biasa digunakan untuk foto bernuansa horor atau misterius namun tak jarang juga teknik ini digunakan untuk foto arsitektur dan foto produk. 

teknik pencahayaan low key lighting biasa digunakan untuk foto potrait (manusia) teknik fotografi low key lighting bisa di sebut sebagai teknik fotografi yang sangat mengagumkan dimana dengan teknik ini fokus utama hanya pada wajah saja dengan menampilkan detail dari wajah secara dramatis dan hidup.

baca juga teknik dasar strobist

Untuk dapat menggunakan teknik low key lighting sebetulnya sangatlah mudah, dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang teknik dasar low key lighting secara sederhana

Berikut adalah

Teknik Dasar Foto Low Key yang mudah dilakukan

belajar teknik low key lighting sangatlah mudah sobat hanya perlu beberapa alat bantu seperti sebuah flash eksternal dan trigger yang menempel di kamera. 

baca juga kamera full frame murah

Untuk settingan di kamera dengan teknik low key lighting, sobat dapat mengatur dial kamera ke pengaturan M atau manual kemudian turunkan ISO di angka rendah 100 – 200, shutter speed di angka 1/200 ( jika sobat menggunakan flash manual yang belum suport hss ), bukaan lensa di atur ke yang paling sempit, sobat coba di angak F 16 – 32 tergantung kebutuhan nantinya kemudian untuk mode metering gunakan spot metering.

baca juga rumus dasar exposure

Untuk settingan flash eksternal, sobat bisa atur kekuatan flash di angka 1/128 – 1/64 dengan zoom di angka 24 mm

Bagaimana caranya agar dapat melakukan teknik low key.?

untuk teknik pengambilan foto low key sobat dapat meletakan objek foto atau model dengan background berwarna gelap bisa hitam, coklat tua atau apa saja asalkan berwarna gelap. menariknya, teknik low key ini juga bisa sobat lakukan di lokasi yang sangat sempit dan minim cahaya bahkan lokasi yang berantakan sekalipun. Disinilah seninya fotografi, dengan lokasi yang berantakan sobat dapat menghasilkan foto dengan efek yang sangat menarik dan terlihat profesional.

baca juga mode dial kamera

Setelah objek atau model diletakan di lokasi yang minim cahaya, letakan flash menghadap wajah kemudian lakukan pemotretan dan lihatlah hasilnya. Jika objek terlihat terlalu gelap, sobat dapat menaikan ISO misalnya dari angka 100 ke angka 200, jika masih terlalu gelap juga sobat dapat menaikan kekuatan flash eksternal misalnya dari angka 1/128 ke angka 1/64 atau sobat dapat memainkan bukaan lensa atur angka F usahakan jangan terlalu lebar. Jika fokus yang di ingankan hanya pada wajah saja maka sobat dapat menaikan angka F  untuk mempersempit bukaan lensa, atur terus settingan ini sampai hasil yang di inginkan bisa di dapat, karena setiap lokasi pasti berbeda intensitas cahayanya maka memainkan settingan seperti ini harus terus dilakukan.

Bagaimana jika ingin mencoba teknik low key lighting namun tidak memiliki flash eksternal.?

Ada beberapa cara melakukan teknik low key tanpa flash eksternal yang bisa sobat coba, Salah satunya adalah dengan mengandalkan cahaya pagi dari laik jendela

Bagaimana caranya.?

Berikut adalah cara melakukan pemotretan low key tanpa flash eksternal

Siap kamera dan atur settingan seperti di atas yaitu dengan ISO rendah 100 – 200, shutter speed bisa di angka 1/200 – 1/500 tergantung kebutuhan, bukaan lensa di angka F 16 – 22 tergantung kebutuhan juga. Atur picture control menggunakan monokrom.

baca juga settingan kamera untuk out door

Letakan objek atau model di dekat jendela kemudian lakukan pemotretan lihat hasilnya, jika masih terlalu terang atau terlalu gelap atur kembali bukaan lensa dan shutter speed nya sampai objek terlihat pas kecerahannya.

Cara ini juga bisa sobat gunakan jika sobat ingin memotret diri sendiri atau selfie alat yang dibutuhkan tetap sama dengan pengaturan kamera yang sama hanya saja di tambah satu alat bantu yaitu cermin

baca juga tips membeli kamera second

Caranya adalah

Letakan cermin di arah depan sobat menghadap, kemudian atur posisi sobat dekat dengan jendela, karena ini yang nantinya akan menjadi sumber utama cahaya di pemotretan ini, setelah itu arahkan kamera ke cermin sampai memantulkan wajah sobat terlihat di kamera lalu lakukan pemotretan. Dan foto wajah narsis sobat sudah berhasil di dapat. Mudah bukan

baca juga perlengkapan fotografi bagi pemula

Nah itulah Teknik Dasar Foto Low Key yang mudah dilakukan, dengan alat yang sederhana dan ramah di kantong jika dibandingkan dengan membeli sebuah body kamera atau lensa tentu sebuah flash manual harganya jauh lebih murah bahkan jika ingin lebih murah lagi beli flash eksternal second dengan harga sekitar 500 ribuan saja sobat sudah bisa menghasilkan sebuah foto yang sangat cantik. selamat mencoba

Semoga postingan ini bermanfaat 

Terima kasih.