Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Komposisi Fotografi Dasar yang Mudah di Lakukan

Sebuah seni rupa pastinya dibuat serius dengan takaran dan proposisi yang tepat agar enak dipandang sama halnya dengan masakan agar enak di makan, seni rupa pun memiliki komposisinya tersendiri yang mana komposisi ini dibuat dengan aturan yang sudah di sepakati. Komposisi fotografi adalah penempatan elemen - elemen dalam sebuah foto agar hasilnya menjadi maksimal. komposisi fotografi juga untuk menghidupkan cerita di balik sebuah foto. Foto dengan komposisi yang tepat akan bisa menyampaikan pesannya kepada setiap mata yang memandangnya. Komposisi fotografer juga bisa menjadi penguat sebuah elemen penting dalam foto.

baca juga rumus dasar fotografi

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan gambaran tentang 7 Komposisi Fotografi Dasar yang Mudah di Lakukan dan cara menggunakannya

Berikut adalah komposi komposisi fotografi dasar yang mudah di lakukan

· Komposisi fotografi rule of thrid

· Komposisi fotografi simetris

· Komposisi fotografi pattern

· Komposisi fotografi framing

· Komposisi fotografi laeding lines

· Komposisi fotografi diagonal

· Komposisi fotografi balance


7 Komposisi Fotografi Dasar yang Mudah di Lakukan


1. Komposisi fotografi rule of thrid

Komposisi fotografi rule of thrid merupakan komposisi paling dasar dalam dunia fotografi, setiap orang yang ingin terjun di dunia foto haruslah menguasai komposisi ini. Komposisi fotografi rule of thrid juga menjadi komposisi yang paling mudah di lakukan, meskipun begitu, sobat tetap perlu mempelajarinya agar komposisinya menjadi tepat saat di gunakan.

baca juga mode AF Area pada kamera Nikon

Bagaimana cara memotret agar tepat untuk Komposisi rule of thrid.?

Berikut ini cara memotret dengan Komposisi rule of thrid.

Buatlah garis pada foto dengan 2 vertikal dan 2 horizontal, maka akan di dapat 9 kotak dalam foto tersebut, setelah itu letakan objek foto di 2 kotak bagian samping kanan atau kiri dan sisa kotak lainnya gunakan untuk background.










Bagaimana cara membuat garisnya vertikal dan horizontal pada foto.?

Saat ini kamera digital maupun kamera hp sudah di bekali dengan fitur rules of third (grid) baik dengan mode live view ataupun pada view finder-nya












baca juga 4 fungsi mode metering kamera DLSR

2. Komposisi fotografi simetris

Seperti namanya “simetris” yaitu memiliki persamaan di kedua bagiannya, komposisi fotografi simetris ini seperti objek terbelah menjadi dua di bagian tengah yang sama luasnya.

Untuk membuat komposisi fotografi simetris, objek di letakan tepat di bagian tengah foto dengan garis khayal seolah membelah objek menjadi dua.

baca juga Fungsi mode dial kamera DLSR

Garis khayal ini bisa di dapat dengan menggunakan fitur grid di kamera sehingga objek akan benar benar pas di bagian tengah. Jika objek berupa manusia atau hewan dengan jenis foto potrait maka cara membuat garis ini bisa dengan meletakan objek dengan bagian hidung sebagai patokan garis tengahnya.









baca juga cara setting kamera DLSR untuk Outdoor

3. Komposisi fotografi pattern

Komposisi Pattern atau pola adalah komposisi fotografi yang mengandalkan objek yang banyak dengan bentuk yang sama atau mirip. 

baca juga tips membeli flash eksternal kamera

Cara membuat Komposisi fotografi pattern ini adalah dengan mengambil foto dengan bentuk yang sama, misalnya bata, lampion, balon dan apa saja yang memiliki bentuk sama dan banyak.









4. Komposisi fotografi framing

Komposisi Framing atau bingkai adalah komposisi fotografi yang memanfaatkan bidang yang menyerupai sebuah bingkai, bingkai disini bisa sebuah gerbang, tembok, pohon dan apa saja yang berbentuk seperti bingkai. 

baca juga 5 tips memilih lensa kamera second 

Cara membuat foto dengan dengan komposisi framing adalah dengan cara menempatkan objek di dalam gerbang atau di antara dua pohon sehingga objek seperti di dalam sebuah bingkai.









5. Komposisi fotografi Leading lines 

Komposisi leading lines adalah komposisi foto yang memanfaatkan garis pada objek, garis ini bisa berupa garis nyata seperti, jebatan, pegangan tangga, kayu, tembok dan segala bentuk yang membentuk garis atau bisa juga dengan garis khayal atau garis yang tidak nyata, garis ini bisa berupa susunan objek objek yang membentang menyerupai sebuah garis.

baca juga perlengkapan fotografi bagi pemula

Cara membuat komposisi leading lines adalah dengan cara menempatkan objek pada ujung garis sehingga mata akan di arahkan oleh garis tersebut dan menuju objek yang sesungguhnya








6. Komposisi fotografi diagonal

Komposisi diagonal sebenarnya mirip dengan komposisi leading lines, hanya saja dalam komposisi ini kita memanfaatkan susunan elemen elemen foto yang menyerupai bentuk garis diagonal, garis diaognal yatu garis yang membentang dari sisi kanan ke sisi kiri atau dari pojok kanan atas ke pojok kiri bawah ataupun sebaliknya.

Cara membuat komosisi fotografi diagonal ini adalah dengan cara menempatkan objek foto pada garis diaogal tersebut. Penggunaan komposisi diagonal ini akan membuat mata kita merasa adanya kesan dinamis pada foto.








7. Komposisi fotografi balance

Seperti namanya “balance” yaitu keseimbangan. Komposisi fatografi balance memberikan kesan foto terasa hidup.

Cara membuat komposisi balance ini adalah dengan cara membuat irama dan ritme pada foto dengan memanfaatkan objek utama dan objek pendukung sehingga foto terasa lebih hidup dan foto terkesan penuh.










baca juga tips membeli kamera DLSR second

Nah itulah 7 Komposisi Fotografi Dasar yang Mudah di Lakukan sobat untuk di aplikasikan ke objek yang akan sobat foto. Komposisi ini masih bisa di kembangkan lagi dengan kreatifitas sobat, sehingga hasil dari foto yang di dapat akan lebih menarik lagi jika di lihat. Komposisi fotografi ini juga harus sering di praktekan dalam sesi pemotretan agar terbiasa menggunakan beberapa jenis komposisi sehingga hasil foto tidak itu itu saja. sebenarnya masih banyak lagi komposisi fotografi lainnya, namun dalam postigan ini hanya mengulas 7 teknik komposisi fotografi yang saya rasa paling mudah tetapi dengan hasil yang sangat bagus untuk di aplikasikan saat memotret.

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih