Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dasar Teknik Pencahayaan High Key Lighting

high key lighting atau kunci tinggi adalah lawan dari teknik low key atau kunci rendah merupakan bagian dari teknik fotografi strobist yaitu menggunakan cahaya atau flash yang terpisah dari kamera. Secara sederhana high key lighting adalah teknik fotografi dimana background berwarna putih atau cerah secara keseluruhan, teknik ini kebalikannya dari teknik sebelumnya yaitu low key yang memiliki background gelap secara keseluruhan.

baca juga teknik dasar strobist

high key lighting photography sendiri biasanya di pakai untuk jenis foto dengan kesan bahagia, ceria, gembira. Selain untuk jenis foto potrait (manusia) teknik high key lighting photography juga banyak digunakan untuk foto produk, makanan, kecantikan dan lain lain. 

Bagaimana cara menggunakan teknik high key lighting photography.? Dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran bagaimana cara nya menggunakan teknik dasar high key lighting secara sederhana

Berikut adalah 

Belajar Dasar Teknik Pencahayaan High Key Lighting

Yang pertama yang harus di siapkan untuk menggunakan teknik high key lighting ini adalah kamera, flash eksternal, trigger dan receiver. Ke empat benda ini menjadi komponen wajib yang harus ada untuk dapat menghasilkan foto dengan teknik high key lighting.

Untuk settingan di kamera sobat dapat menggunakan dial pengaturan dengan mode manual ( M ) kemudian ISO di angka tinggi misalnya 1600 kemudian untuk bukaan lensa sobat dapat menggunakan di angka F 8 , dan shutter speed di angka 1/125

Untuk settingan flash atur kekuatan flash di angka 1/8, 1/16, 1/32 dan zoom di angka 24

Setelah semua settingan dibuat, langkah selanjutnya adalah atur lokasi pemotretan dengan backgroud putih atau cerah, sobat dapat memanfaat warna tembok yang ada di rumah (jika temboknya berwarna cerah), pilih lokasi dekat sumber cahaya misalnya dekat jendela, kemudian arahkan flash ke tembok atau background. Untuk teknik high key lighting ini yang di sinari flash bukan wajah tetapi backgroundnya.

Setelah semuanya sudah siap lakukan pemotretan tanpa flash terlebih dahulu untuk menentukan exposure yang tepat, fokuskan ke wajah usahakan warna dan cahaya untuk wajah terlihat pas, atur terus di settingan exposurenya jangan khawatir jika terlihat terlalu gelap karena akan terbantu oleh flash nantinya. Untuk teknik high key lighting sendiri bukan hanya warna background yang harus putih cerah tetapi warna objek foto atau model juga harus tajam.

Setelah objek foto atau model di rasa pas exposure nya, kemudian lakukan pemotretan menggunakan flash lihat kembali bagaimana hasilnya, jika hasilnya terlalu terang atau terlalu gelap atur kembali settingan flash tadi sampai warna dan cahaya dirasa pas. Misalnya jika terlalu terang maka dapat di turunkan kekuatan flashnya misalnya jika di angka 1/8 terlalu terang bisa di naikan angkanya ke 1/16 atau 1/32. Perlu di perhatikan dalam pengaturan flash eksternal semakin rendah angkanya maka kekuatannya semakin tinggi begitupun sebaliknya semain besar angkanya berarti kekuatannya semakin rendah. Atur terus sampai warna dan kecerahannya di rasa pas.

Nah mudah bukan. ?

Dengan teknik ini sobat dapat kreasikan untuk jenis foto apa saja, potrait atau foto produk, perhatikan perbedaanya dengan memotret dengan teknik biasa, teknik high key lighting bisa terlihat lebih mewah dan terkesan segar jika di pandang

Nah itulah sekilas tentang teknik high key lighting, dengan Belajar Dasar Teknik Pencahayaan High Key Lighting semoga bisa menambah mood sobat dalam memotret jika selama ini sobat merasa hasil foto yang di dapat itu itu saja.

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih