Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Mode Dial Kamera DLSR

Fungsi Mode Dial Kamera Dlsr. Mode dial kamera atau dial mode adalah tombol pengaturan kamera yang berfungsi untuk mengubah settingan kamera secara lansung dengan kata lain dial mode berfungsi untuk mengubah setelan pengaturan kamera saat di operasikan, mode dial kamera ini terletak dibagian atas kamera, dalam mode dial kamera terdapat beberapa setelan kamera yang bisa digunakan sesuai kebutuhan sobat saat memotret, seperti mode Auto, M, AV/A, TV/S, P, dan lain lain. Setiap mode memiliki fungsinya masing masing. Meskipun memiliki penyebutan yang berbeda di setiap kamera seperti Canon dan Nikon yang keduanya memiliki istilah penyebutan serta lambang mode yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama seperti mode AV jika di kamera Canon dan A jika di kamera Nikon keduanya memiliki fungsi yang sama. 

baca juga settingan kamera dlsr untuk outdoor

Dial mode kamera juga berfungsi untuk mengatur exposure dengan pilihan mode di dalamnya, sobat dapat menentukan mode apa yang akan sobat pakai saat memotret, jika sobat tipe orang yang tidak mau ribet, mode Auto bisa jadi pilihan pertama, mode ini akan memberikan hasil gambar yang benar menurut kamera, yap. benar disini adalah kamera akan secara otomatis mengatur angka ISO, Aperture dan Shutter Speed yang kemudian di tetapkan sebagai settingan paling pas menurut kamera, namun foto yang di hasilkan dengan mode ini cenderung biasa saja karena semua pengaturan di serahkan secara otomatis kepada kamera. 

baca juga tips membeli kamera second

Jika sobat merasa bahwa menggunakan mode Auto terlalu bisa saja dan sobat ingin mengubah settingan keseluruhan dari kamera sebelum memotret, sobat dapat menggunakan mode Manual, disini sobat bisa secara leluasa mengatur dan mengubah settingan sesuai selera sobat.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan gambaran tentang apa saja fungsi mode dial kamera dlsr dan dalam kondisi apa saja penggunaan mode di dalamnya di gunakan. 

Berikut adalah:

Fungsi Mode Dial Kamera DLSR

Fungsi Mode Dial Kamera DLSR

Mode dial kamera menurut wikipedia adalah tombol untuk mengubah mode pada kamera dan melakukan pengaturan bagaimana kamera beroperasi. dalam mode dial kamera terdapat beberapa mode di dalamnya, berikut mode mode yang ada di dial mode kamera

· Auto: Otomatis

· M : Mode Manual

· A / Av : Aperture Priority

· S / Tv : Mode Shutter Priority

· P : Mode Program

1. Mode Auto

Memilih menggunakan Mode Auto pada kamera berarti sobat membiarkan semua settingan di atur oleh kamera sehingga foto yang di hasilkan akan terlihat normal, karena pengaturan exposure di serahkan secara keseluruhan pada kamera tanpa adanya campur tangan kita dalam mengaturnya. Mode Auto biasa di lambangkan dengan lambang kotak berwarna hijau. Kelebihan dari mode Auto adalah sobat tidak perlu ribet mengatur exposure kamera seperti ISO, Aperture dan Shutter Speed lagi karena semunya sudah di tentukan oleh kamera, namun kekurangannya adalah sobat jadi tidak bisa mengatur settingan sehingga hasilnya akan terlihat biasa biasa saja. 

baca juga rumus dasar fotografi segitiga exposure

Mode auto cocok digunakan untuk memotret moment yang singkat, agar tepat waktu tanpa kehilangan moment jika harus mengatur terlebih dahulu kamera. Seperti foto untuk jurnalis yang memiliki waktu yang singkat saat menangkap objek, dengan menggunakan mode Auto, meskipun di lokasi yang minim cahaya bahkan cenderung gelap, flash kamera akan secara otomatis hidup, walaupun hasilnya akan terlihat biasa biasa saja namun memotret moment yang singkat tidak bisa terulang lagi.

baca juga tips membeli flash kamera

2. Mode Manual

Jika sobat merasa mode Auto sulit diarahkan pengaturannya dengan apa yang sobat inginkan, pemilihan mode Manual bisa jadi solusinya. Mode Manual yang ada di dial mode kamera memiliki lambang huruf “M”, dengan mode ini sobat bisa dengan leluasa mengatur semua settingan kamera seperti ISO, Aperture dan Shutter Speed atau yang sering di sebut dengan istilah segi tiga exposure.

Untuk kebutuhan belajar, mode ini sangat di anjurkan, karena semua pengaturan yang di lakukan secara manual sehingga sobat akan akrab dengan semua settingan kamera. Untuk lebih mengenal kamera yang sobat miliki, mengatur sendiri mode pengaturan sangat di anjurkan agar sobat bisa terus belajar tentang settingan kamera. 

baca juga Perlengkapan Fotografi

3. Mode A / AV : Aperture Priority 

Jika sobat merasa kebingungan dengan mode Manual yang harus mengatur semua settingan kamera sendiri, mode A pada kamera bisa menjadi pilihan, mode A atau AV adalah mode Aperture Priority jika sobat pengguna kamera Nikon maka Aperture Priority ini di lambangkan dengan huruf “A” dan jika sobat pengguna kamera Canon mode Aperture Priority di lambangkan dengan huruf AV, dengan menggunakan mode ini sobat hanya perlu mengatur Aperture nya saja atau bukaan lensa yang biasa di sebut dengan istilah bukaan F, jadi ISO dan Shutter Speed secara otomatis sudah di atur oleh kamera sehingga hasil foto tidak akan terlalu terang (overexpose) atau terlalu gelap (under expose).

Mode A / AV atau Aperture Priority cocok untuk foto potrait, dengan mengatur angka F sobat dapat menentukan seberapa tajam foto yang ingin dihasilkan. 

baca juga tips membeli lensa kamera

4. Mode S / Tv : Shutter Priority

Mode S / Tv atau Shutter Priority adalah salah satu mode otomatis kamera, bedanya jika di mode Auto semua settingan di atur oleh kamera, di Mode Shutter Priority sobat dapat mengatur Shutter speed sesuai kebutuhan pemotretan atau jenis foto yang ingin di hasilkan, sementara settingan ISO dan Aperture sudah di atur oleh kamera

Mode S / Tv atau Shutter Priority cocok digunakan untuk jenis foto sport, paning, atau memotret objek yang sangat cepat, mode ini juga sangat cocok untuk memotret anak kecil yang aktif. 

Baca juga settingan AF Area mode

5. Mode P : Mode Program

Mode P pada kamera adalah salah satu setelan mode otomatis kamera, dengan menggunakan mode P atau mode Program, kamera secara otomatis akan mengatur Aperture dan Shutter Speed nya namun meskipun begitu sobat masih bisa mengatur kedua settingan tersebut.

Dengan menggunakan mode P atau mode Program, kamera secara otomatis akan menyeimbangkan exposure, sebagai contoh jika sobat mengarahkan kamera ke area yang terang, kamera secara otomatis akan menyesuaikan F ke angka besar sehingga bukaan lensa akan lebih kecil sementara jika sobat mengarahkan ke area yang gelap, F akan berada di angka kecil atau bukaan lensa lebar.

Mode P atau mode Program ini cara kerjanya seperti mata manusia yang secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi cahaya.

Cara menggunakan mode P atau Mode Program ini adalah dengan cara menekan setengah dari shutter dengan mengarahkan kamera ke objek yang akan di foto, setelah itu biarkan kamera menentukan settingan yang pas untuk kondisi cahaya yang ada. Setalah di rasa pas kemudian sobat bisa langsung menekan kembali shutter secara penuh.

baca juga 7 komposisi dasar fotografi

Untuk mengatur aperture dan shutter speed nya, sobat dapat memutar roda dial, jika sobat memutar kekanan, maka angka shutter speed akan semakin tinggi sementara angka Aperture akan semakin rendah

Jika sobat memutar ke kiri maka angka shutter speed akan semakin rendah dan Aperture akan semakin tinggi.

Baca juga mode metering kamera dlsr

Nah Itulah Fungsi Mode Dial Kamera Dlsr yang bisa sobat gunakan, semoga postingan ini bermanfaat 

Terima kasih