Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Tombol Shutter Yang Tidak Berfungsi Saat Menggunakan Lensa Manual

Buat sobat yang merasa kesulitan bagaimana caranya memotret dengan lensa manual karena tombol shutter seperti tidak berfungsi. Di bawah ini saya akan mengulas tentang cara bagaimana mengatasi tombol shutter yang tidak berfungsi saat menggunakan lensa manual.

Lensa manual yang harganya bisa jauh lebih murah dari pada lensa autofokus banyak menjadi pilihan para fotografer untuk di gunakan sebagai lensa utamanya, selain harganya yang murah juga bentuk dan ukurannya yang ringkas sangat enak di bawa kemana mana. Namun lensa manual memiliki beberapa kekurangan salah satu yang paling terlihat jelas adalah mengatur fokusnya yang betul betul harus teliti dan mengandalkan mata kita sendiri.

Namun buat sobat yang pertama kali menggunakan lensa manual biasanya akan mengalami beberapa kesulitan salah satunya adalah tidak berfungsinya tombol shutter, sobat tidak perlu panik, ikuti saja cara yang saya tulis di bawah ini, cara ini juga sesuai pengalaman pertama saya saat menggunakan lensa manual.

Nah berikut adalah 

cara menggunakan lensa manual di kamera fujifilm xe 

dan cara bagaimana mengatasi tombol shutter yang tidak berfungsi saat menggunakan lensa manual.?


Tombol shutter tidak berfungsi saat menggunakan lensa manual. Bagai mana cara mengatasinya.?

Ikuti langkah langkah berikut ini:

1. Buka MENU di bagian tengah kamera

2. Pilih pengaturan kamera 3

3. Masuk ke pengaturan SHOOT WITHOUT LENS

4. Kemudian alihkan dari tanda OFF ke tanda ON

5. Pilih juga MOUNT ADAPTOR SETTING

6. Pilih sesuai adapter lensa yang di gunakan

7. tekan tombol DISP BACK 

8. kemudian coba tekan tombol Shutter dan tombol shutternya pun sudah berfungsi seperti biasanya lagi

nah itulah cara bagaimana mengatasi tombol shutter yang tidak berfungsi saat menggunakan lensa manual.

Untuk menggunakan lensa manual sobat lebih baik memotret dengan melihat viewfinder atau layar bidik di bandingkan dengan hanya melihat LCD Monitor, hal ini untuk mencegah hasil foto yang blur atau misfokus di kamera, karena menggunakan lensa manual sangat mengandalkan mata untuk mengetahui fokus atau tidaknya objek yang di foto.

Lensa manual memiliki efek blur yang dramatis ini lah salah satu keunikan dari lensa manual saat digunakan. Lensa manual juga memiliki bentuk yang klasik sangat pas jika digunakan di kamera fujifilm yang memang di desain sangat klasik apalagi kamera fujifilm xe yang tampilannya sangat cocok di gunakan untuk memotret jenis street atau hunting foto.

Semoga bermanfaat

Terima kasih