Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Sudut Pandang Kamera atau Angle Kamera

Saat sobat melihat sebuah foto, mungkin terlintas dipikiran sobat bagaimana cara mengambil gambarnya sehingga foto yang di hasilkan sangat menarik untuk dilihat. Dalam memotret ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah foto terlihat menarik atau biasa biasa saja.  Sama halnya Subjek utama foto atau model, background, dan juga komposisi, posisi sudut pandang kamera atau angle kamera menjadi hal yang penting agar hasil foto jauh terlihat lebih menarik. Dengan posisi sudut pandang kamera atau angle kamera subjek utama foto bisa menghasilkan perspektif yang berbeda, ini sangat berguna jika sobat ingin menyampaikan pesan lewat subjek yang di foto, karena sebuah foto dengan sudut pandang atau angle kamera yang berbeda akan menghasilkan kesan foto yang berbeda pula.

baca juga belajar dasar fotografi dengan kamera hp

Dalam postingan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang posisi sudut pandang kamera atau angle kamera yang bisa sobat gunakan saat memotret.

Berikut adalah

Posisi Sudut Pandang Kamera atau Angle Kamera



Ada beberapa posisi sudut pandang kamera atau angle kamera yang bisa sobat gunakan saat memotret

1. Frog eye


Salah satu posisi sudut pandang kamera atau angle kamera adalah frog eye yaitu teknik pengambilan gambar dari bawah.

Caranya adalah dengan meletakan kamera berdiri sejajar dengan tanah dengan arah kamera lurus ke atas, lensa yang cocok untuk jenis ini adalah jenis lensa pendek, atau jika sobat ingin lebih mudah lagi sobat dapat menggunakan kamera HP karena kamera HP memiliki jenis lensa wide yang jauh lebih pendek jika di bandingkan dengan lensa kamera DLSR 

Dengan posisi sudut pandang kamera atau angle kamera Frog eye ini akan memberikan kesan gambar terlihat sangat besar, sudut pandang atau angle kamera ini biasa di sebut juga dengan sudut pandang katak.

baca juga settingan kamera untuk foto outdoor

2. Low angle

Hampir mirip dengan teknik frog eye sama sama memotret subjek dari bawah, teknik low angle yaitu mengambil foto dengan posisi kamera lebih rendah dari subjek foto, teknik ini akan memberikan kesan foto lebih megah dan juga lebih tinggi. 

Perbedaan dengan teknik frog eye adalah, jika teknik frog eye kamera benar benar diletakan di atas tanah atau benar benar menyentuh tanah sehingga foto terlihat seperti sudut pandang serangga atau hewan kecil. Sedangkan teknik low angle yaitu posisi kamera hanya lebih rendah dari subjek utama saja sehingga subjek terlihat lebih tinggi.

baca juga rumus dasar segitiga exposure

3. Eye level


Teknik yang paling umum digunakan saat memotret adalah teknik eye level, cara menggunakan teknik ini adalah dengan cara meletakan kamera sejajar dengan subjek foto, teknik eye level akan memberikan kesan foto lebih realistis dengan tinggi dan besar yang nyata.

baca juga komposisi fotografi

4. High anggle


Teknik posisi sudut pandang kamera selanjutnya adalah teknik high angle, yaitu teknik pengambilan foto dari arah lebih tinggi dari subjek foto dengan arah kamera menunduk ke subjek foto.

baca juga teknik dasar strobist

5. Bird eye


Teknik yang satu itu adalah teknik posisi sudut pandang kamera yang terlihat jauh lebih tinggi dari subjek foto, caranya sobat dapat menggunakan dron atau galah panjang untuk meletakan kamera sehingga foto yang di hasilkan seperti tatapan seekor burung dari angkasa.

baca juga teknik foto portrait

Teknik teknik di atas merupakan teknik yang bisa sobat coba untuk mengambil sebuah gambar, teknik ini bukan  teknik baku, sobat dapat mengeksplor teknik Angle kamera lainnya. 

Itulah Posisi Sudut Pandang Kamera atau angle kamera yang bisa sobat coba, baik itu menggunakan kamera DLSR atau mirrorles sobat juga bisa menggunakan kamera HP yang sobat miliki. 

Semoga bermanfaat terimasih telah membaca artikel ini

Selamat mencoba.