Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Dasar Fotografi Dengan Kamera Hp

Belajar fotografi tidak harus melulu dengan kamera mahal fullframe yang harganya di atas 10 jutaan bahkan ada yang sampai 50 juta rupiah untuk sebuah kamera, sobat dapat belajar fotografi dengan kamera murah bahkan dengan kamera hp sekalipun. saat ini banyak merk hp dengan kualitas kamera yang tidak kalah kualitasnya dengan kamera DLSR ataupun Mirrorless, walaupun di beberapa faktor kamera HP tetap tidak bisa menyaingi kamera DLSR atau Mirrorlles terutama untuk teknik pencahayaan atau lighting kamera hp juga tidak bisa digunakan untuk teknik stobist, namun sobat tidak perlu berkecil hati karena kamera Hp yang semakin canggih sudah mampu menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi yang tinggi.

baca juga teknik foto portrait

baca juga teknik strobist

Keunggulan kamra hp jika di bandingkan dengan kamera DLSR atau mirrorlles adalah lensa kamera hp yang lebih pendak ini sangat menguntungkan untuk memotret di lokasi yang sempit bahkan sangat sempit sekalipun, kamera hp memiliki jenis lensa wide ini sebab nya kenapa jika memotert dengan kamera hp objek akan terlihat lebih bulat atau lebar.

baca juga tips memilih lensa

Nah bagaimna caranya agar menghasilkan gambar yang cantik dengan berbekal kamera hp.?

Sama halnya dengan belajar fotografi dengan kamera jenis apapun yang murah maupun mahal, hal pertama yang harus di kuasai dalam memotret adalah komposisi fotografi, ini yang bisa membuat sebuah gambar yang di tangkap oleh kamera terasa hidup dan memberikan pesannya untuk di sampaikan.

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan sebuah gambaran tentang komposisi fotografi yang bisa sobat terapkan dengan menggunakan kamera hp.

Berikut adalah

Belajar Dasar Fotografi Dengan Kamera HP

Komposisi fotografi menjadi penting saat memotret karena dengan komposisi yang tepat sebuah objek yang terlihat biasa saja akan berubah menjadi gambar yang hidup dan bercerita.

Apa sajakah komposisi fotografi itu.? Yuk kita cek dibawah ini.

1. Komposisi fotografi rule of thrid

Komposisi rule of thrid menjadi komposisi paling populer dan menjadi komposisi yang sering digunakan oleh para fotografer saat memotret, teknik komposisi rule of thrid ini merupakan komposisi yang paling sederhana yang bisa sobat lakukan, untuk membuat foto dengan komposisi rule of thrid ini sobat dapat mengarahkan kamera hp sobat ke subjek yang akan di foto dengan subjek utma berapa di sebelah kiri atau kanan frame.

Untuk lebih memudahkannya lagi sobat dapat mengaktifkan mode thrid kamera yaitu garis vertikal dan horisontal yang terdapat di kamera.

Dengan menggunakan mode thrid kamera, sobat dapat lebih mudah memposisikan subjek utama berada di kotak bawah atau atas di bagian kiri atau sebaliknya sobat dapat memposisikan subjek utama di  kotak bagian bawah atau atas di bagian kanan.

2. Komposisi fotografi simetris

Komposisi simetris adalah garis tengah yang membelah subjek menjadi dua bagian kanan dan kiri garis ini bisa merupa garis nyata atau garis yang sudah ada di lokasi seperti batas tembok, batas bangunan, gari jalan dan lain lain, ataupun bisa berupa garis khayal seperti formasi burung terbang, posisi objek yang menyerupai garis, dan lain lain. Atau jika foto itu adalah foto potrait maka gunakan hidung orang yang di foto sebagai batas tengah yang membelah kiri dan kanan frame.

Cara mendapatkan gambar dengan komposisi simetris adalah dengan mengarahkan kamera ke subjek utama dengan posisi subjek utama berada di tengah, ini akan menghasilkan gambar seimbang antara kiri dan kanan, pengambilan foto di lakukan tepat di depan atau belakang subjek sehingga subjek benar benar menghadap kamera atau membelakangi kamera.

3. Komposisi fotografi pattern

Komposisi pattern atau pola menjadi komposisi yang unil yang bisa sobat pakai saat memotret, komposisi ini memberikan kesan objek tak berujung dan objek sangat banyak.

Cara menggunakan komposisi pattern ini adalah, sobat arahkan kamera hp ke kemupulan objek yang terlihat banyak saat di foto, seperti foto kelereng, foto susunan bata, kerikil, lampion, dedaunan, bunga, serangga, dan masih banyak lagi, yang paling penting adalah objek terlihat banyak dan membuat sebuah pola, baik itu pola yang beraturan, ataupun pola yang terlihat abstrak. 

Teknik yang bisa sobat gunakan untuk mendapatkan foto dengan komposisi pattern adalah dengan cara, sobat dapat memotret objek lurus datar dari atas jika benda atau objek yang di foto berukuran kecil seperti semut, kerikil, bunga bunga kecil dan sebaginya, sobat dapat memanfaatkan keunggulan kamera hp yang memiliki lensa pendek ini sangat memodahkan sobat untuk memotret datar dari atas dengan dekat, karena kamera hp memiliki jenis lensa wide maka hasil gambar yang di dapat akan terlihat luas, sobat dapat bandingkan jika menggunakan dlsr atau mirrorlles sobat harus memiliki lensa yang super pendek untuk dapat menangkap gambar secara luas. atau sobat dapat memotret dengan di kolaborasikan dengan komposisi lain, seperti komposisi rule of thrid, simetrist, line, framing, diagonal dan lainnya. 

4. Komposisi fotografi framing

Komposisi framing atau bingkai merupakan komposisi yang bisa sobat gunakan saat memotret, komposisi ini sangat umum digunakan.

Cara mendapatkan foto dengan komposisi framing adalah dengan cara carilah objek yang menyerupai frame atau bingkai, seperti pintu, gerbang, jalanan di antara dua bangunan besar, ruang kosong di antara dua pohon dan masih banyak lagi kemudian Tempatkan subjek utama di tengah frame tersebut.

5. Komposisi fotografi Leading lines 

Salah satu  komposisi fotografi yang mudah di lakukan adalah komposisi leading lines, komposisi ini memanfaatkan garis untuk menyempurnakan sebuah gambar, garis ini bisa berupa garis nyata seperti garis batas tembok, jembatan, rel kerta api, atau garis lainnya, bisa juga berupa garis khayal seperti garis formasi burung, garis formasi benda yang tersusun menyerupai garis dan lain sebagainya.

Cara menggunakan komposisi leading lines ini adalah dengan cara, meletakan subjek utama berada di ujung garis sehingga mata yang melihat akan terfokus pada subjek utama yang kita tepatkan di ujung garis

6. Komposisi fotografi diagonal

Garis diagonal merupakan salah satu komposisi fotografi yang hampir mirip dengan komposisi leading lines, komposisi ini memanfaatkan sudut pada frame sehingga menyerupai sebuah garis lurus di antara sudut. Garis ini bisa berupa garis nyata atau garis khayal.

Cara menggunkan komposisi diagonal adalah dengan cara meletakan subjek utama diantara garis yang membentang di antara sudut frame, atau juga dapat memanfaatkan subjek utama menjadi garis diagonal.

Nah itulah beberapa teknik komposisi dasar fotografi untuk Belajar Dasar Fotografi Dengan Kamera Hp supaya hasil foto sobat lebih bagus dan cantik lagi. 

Dari semua komposisi di atas sobat dapat mengkombinasikannya secara keseluruhan, misalnya sebuah foto dapat memiliki lebih dari satu komposisi fotografi, 

Selamat mencoba

Terima kasih telah membaca artikel ini