Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips memilih lensa kamera yang bagus

Memilih lensa kamera sesuai kebutuhan yang digunakan adalah hal yang perlu dilakukan oleh seorang fotografer, lensa yang sesuai dengan keperluan di lapangan akan menghasilkan kualitas foto yang maksimal, memilih lensa kamera yang bagus juga menjadi pertimbangan saat akan membeli lensa kamera baru, berhubung harga lensa yang relatif mahal jadi pemilihan lensa kamera saat akan membelinya menjadi pertimbangan yang penting agar tidak salah membeli.

baca juga Rumus Dasar Fotografi Segitiga Exposure

Cara memilih lensa kamera memang ditentukan dengan keperluannya untuk apa lensa itu nantinya akan digunakan seperti contohnya jika sobat lebih tertarik dengan jenis foto potrait maka lensa yang bisa sobat pilih adalah lensa fix seperti 50mm, atau jika sobat lebih suka jenis foto landscape sobat dapat memilih lensa wide yang dapat mengambil keseluruhan objek atau lensa dengan fokal pendek seperti 35 mm atau 24 mm, jika sobat lebih tertarik dengan jenis bird photography atau jenis foto alam liar sobat dapat memilih lensa dengan fokal panjang atau lensa telezoom 70 – 400 mm.

Lensa kamera juga dipilih sesuai jenis kamera yang sobat miliki jika sobat memiliki jenis kemera DLSR maka cari dan pilih lensa kamera untuk DLSR, jika sobat memiliki jenis kamera mirrorless pilih lensa kamera untuk mirrorless yang biasanya untuk jenis kamera mirrorless memiliki fokal yang lebih pendek dibandingkan dengan lensa DLSR.

baca juga 7 komposisi dasar fotografi

Lensa adalah komponen utama setelah body kemera pada sebuah kamera, lensa memiliki pengaruh besar terhadap gambar yang nantinya akan di hasilkan, maka saat sobat akan membeli lensa, banyak yang perlu diperhitungkan serta diambil mulai dari biaya, selera memphoto sampai  kualitas lensa. Untuk itu sobat bisa masukan 5 tips berikut ini untuk pertimbangan sebelum sobat meminang sebuah lensa, tentunya untuk mengetahui hal ini, sobat perlu memastikan tujuan dan kebutuhan lensa yang dibutuhkan ketika memotret baik itu untuk ukuran zoom, besar resolusi, atau bahkan berbagai fitur yang disediakan oleh lensa-lensa tertentu, seperti model bokeh, fish eye, zooming, wide, dan banyak lagi.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang tips memilih lensa kamera yang bagus. Untuk Mengetahuinya sebelum membeli lensa kamera, kamu dapat membaca beberapa ulasan di bawah ini :


5 Tips memilih lensa kamera yang bagus:

5 Tips memilih lensa kamera yang bagus







1. Lensa Memiliki Kualitas bagus 

Lensa menjadi komponen pertama yang dilalui cahaya, sebagai komponen pertama dalam merekam cahaya yang nantinya akan di kirim ke sensor kamera supaya menjadi sebuah foto, maka memilih lensa kamera yang bagus harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih sebuah lensa kemera, karena lensa yang jelek mutunya juga akan jelek. body camera yang bagus belum dapat melakukan perbaikan kekurangan hasil foto yang di akibatkan oleh kesalahan lensa. Oleh karenanya, belilah lensa yang paling bagus yang dapat sobat beli. Lensa bagus memang memiliki harga yang mahal namun lensa yang bagus akan menghasilkan sebuah gambar yang maksimal dan tentunya ini akan menjadi kelebihan jika sobat ingin menjual hasil fotonya


2. memaksimalkan lensa Kit

Jika sobat adalah fotografer pemula maka sobat pasti sudah akrab dengan yang namanya lensa kit, lensa kit biasanya menjadi lensa bawaan kamera dan ini biasanya menjadi lensa sematawayangnya para fotografer pemula karena keterbatasan biaya untuk meng upgrade ke lensa jenis lainnya, jika sobat hanya memiliki lensa kit, sobat tidak perlu berkecil hati karena lensa kit bisa di maksimalkan penggunaannya lensa yang biasanya memiliki fokal 18 – 55 mm jika di kamera DLSR memiliki 2 fungsi utama yaitu zoom dan tele yang bisa di bilang lumayan bagus untuk lensa dengan kualitas standar, bahkan lensa ini juga bisa digunakan untuk jenis foto makro.


3. cek kondisi lensa 

Jika sobat memilih untuk membeli lensa kamera second mengecek kondisi lensa kamera menjadi hal yang wajib dilakukan sobat sebelum membelinya, pastikan lensa kamera dalam kondisi baik tidak ada jamur dan bersih dari debu. Lensa kamera seperi halnya mata kita jika terjadi kerusakan di mata lensanya dapat mengakibatkan kualitas gambar yang jelek, cek kondisi lensa juga berlaku untuk pembelian lena baru pastikan tidak ada gelembung udara di dalamnya biasanya gelembungan ini di anggap wajar untuk sebuah lensa namun jika kamu ingin memastikan lensa yang akan di beli utuh mulus tanpa cacat pilihlah di toko perlengkapan kamera yang terpercaya.


4. cari informasi tentang lensa di media sosial

Mencari informasi lensa di media sosial seperti facebook bisa sobat lakukan sebelum membeli sebuah lensa kamera, cari review dari mereka yang pernah menggunakan lensa yang sabat inginkan, seperti contoh jika sobat berencana ingin membeli sebuah lensa untuk kegiatan hunting foto outdoor, sobat bisa bertanya di facebook tentang lensa merek apa dengan ukuran berapa yang pas untuk jenis foto hunting foto outdoor. Untuk lebih meyakinkan gabunglah di gruf fotografi yang terpercaya dengan anggota gruf para fotografer profesional.


5. beli lensa kemara di toko perlengkapan kamera yang terpercaya

Membeli lensa di toko perlengkapan kamera yang terpercaya bisa jadi pilihan paling tepat buat sobat yang masih baru di dunia fotografi, carilah toko perlengkapan kamera dengan rating yang baik, toko yang baik biasanya tau banyak tentang kamera, sobat bisa bertanya seputaran lensa yang pas untuk keperluan sobat dilapangan, jika badget sobat terbatas dan memilih membeli lensa second tanyakan apakah ada lensa murah dengan kualitas bagus kepada pemilik toko, jika toko itu amanah dia pasti akan menawarkan lensa second terbaiknya dengan kualitas bagus dan akan menjelaskan apa saja kekurangannya dari lensa second tersebut.

Nah itulah 5 Tips memilih lensa kamera yang bagus yang bisa sobat pelajari sebelum membeli sebuah lensa. Cari tahu informasi tentang kamera lainnya agar sobat bisa memaksimalkan skil memotret sobat untuk nantinya dapat di komersialkan dan mendapatkan cuan dari foto foto sobat

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih